November 15, 2022

ISLAM DAN PROBLEM PENYESATAN: Telaah atas Miskonsepsi Terma Keagamaan

ISLAM DAN PROBLEM PENYESATAN:

Telaah atas Miskonsepsi Terma Keagamaan

 

Penulis:

Yusuf Hanafi

Muhammad Lukman Arifianto

Muhammad Saefi


 

Berbagai permasalahan dalam praktik sosial-keagamaan yang terjadi di kalangan masyarakat Muslim, khususnya terkait isu penyesatan, yang mewujud dalam tuduhan sesat suatu kelompok tertentu terhadap kelompok lainnya, yang diakibatkan oleh ketidaksepahaman mereka dalam memahami teks keagamaan, sungguh meresahkan. Ironisnya, sering kali tuduhan sesat tersebut hanya didasarkan pada pemahaman atas teks-teks keagamaan yang relatif dangkal dan rigid semata, tanpa mempertimbangkan konteks historis dari teks-teks keagamaan tersebut.

Aneka bentuk tuduhan maupun klaim sesat dapat memicu konflik horizontal di tengah masyarakat, dan berpotensi menimbulkan berbagai permasalahan sosial lainnya, seperti: marjinalisasi, perundungan, dan sebagainya. Tugas umat Islam adalah melakukan proses “teo-sosio-analisis”, dalam pengertian mengurai sejumlah ajaran dan praktik sosial yang berpotensi untuk menimbulkan aksi-aksi kekerasan serta sikap-sikap anti-kerukunan dan dialog. Buku ini adalah bagian dari usaha menuju ke arah teo-sosio-analisis tersebut yang berintikan ajaran otokritik.

Tags :

bm

Delta Pijar

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Delta Pijar
  • Februari 24, 1989
  • 1220 Manado Trans Sulawesi
  • contact@example.com
  • +123 456 789 111

Posting Komentar